Teknik Kimia UB Mengenalkan Proses Pengolahan Limbah Cair Dengan Adsorpsi di SMPN 17 Malang

Berita

pkmPada hari Selasa, 10 Oktober 2017 Tim Rekayasa Lingkungan (Laboratorium Sains) dan Tim Rekayasa Energi (Laboratorium Operasi Teknik Kimia) Jurusan Teknik Kimia Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke SMPN 17 Malang. Peserta adalah para guru IPA dan kegiatan berlangsung lancar di ruang laboratorium IPA SMPN 17 Malang.

Kegiatan PKM ini dibuka oleh sambutan Kepala Sekolah SMPN 17 Malang dan dilanjutkan dengan Ketua Komite SMPN 17 Malang  sebagai bentuk dukungan positif dari pihak sekolah atas kegiatan ini. Ketua PSTK-UB, Ir. Bambang Poerwadi, MS, beserta dosen tim Rekayasa Lingkungan dan Rekayasa Energi, laboran Laboratorium Sains serta mahasiswa Teknik Kimia UB turut mendukung terlaksananya kegiatan ini.

Kedatangan PSTK-UB bertujuan untuk berbagi ilmu terkait penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, dimana materi Proses Pengolahan Limbah Cair Dengan Adsorpsi dibawakan oleh Rama Oktavian, ST., MT. Proses adsorpsi yang yang di demokan adalah adsorpsi penjernihan air menggunakan biosorben batok kelapa dan adsorpsi penurunan kandungan FFA pada minyak bekas menggunakan biosorben sabut kelapa. Dengan alat peraga yang di demokan pada acara tersebut pada civitas akademika di SMPN 17 Malang, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para guru untuk mengenalkan proses pengolahan limbah cair pada siswa.