Tata Tertib Praktikum

Pengumuman Praktikum

A.           PRAKTIKAN

  1. Praktikan wajib membaca dan mematuhi segala ketentuan yang terkait dengan pelaksanaan praktikum sebelum masuk ke laboratorium.
  2. Sebelum praktikum, praktikan wajib mengikuti tes awal tertulis. Asisten menyiapkan materi dan menilai hasil dengan konsultasi intensif pada dosen penanggung jawab praktikum.

Waktu maksimal 15 menit di awal praktikum.

  1. Pada akhir praktikum, masing-masing group mengumpulkan Laporan Sementara sesuai format ke coordinator asisten.
  2. Pada saat di laboratorium, praktikan wajib mengenakan jas laboratorium, sarung tangan, masker dan sepatu tertutup.
  3. Praktikan wajib hadir pukul 13.15 WIB dan menandatangani daftar hadir praktikum.

Apabila terlambat hingga 15 menit, tidak mendapatkan nilai tes awal tertulis namun praktikan diperbolehkan mengikuti praktikum.

  1. Laporan Praktikum.
  • Laporan akhir praktikum dibuat oleh masing-masing praktikan sesuai dengan Format Laporan Praktikum yang telah ditentukan dan didasarkan data pada laporan sementara yang wajib dilampirkan.
  • Laporan akhir praktikum dikumpulkan pada praktikum berikutnyha dan dinilai oleh asisten paling lambat selama satu minggu.
    1. Apabila terlambat satu hari, dikenakan sanksi pengurangan nilai laporan sebesar 20%, dua hari 50%, 3 hari tanpa nilai.
    2. Nilai asisten selama satu semester direkap dan diserahkan kepada dosen penanggung jawab praktikum sesuai format dan menyerahkan softcopynya dalam format excel.
  1. Peminjaman dan pengembalian alat-alat praktikum dilakukan sesuai ketentuan laboratorium. Apabila terjadi kerusakan alat atau bahan yang terbuang, wajib diganti oleh praktikan dengan alat/bahan yang sama.
  2. Sebelum meninggalkan laboratorium, praktikan harus memebersihkan serta merapikan meja kerja, alat-alat praktikum dan bahan praktikum.
  3. Meninggalkan tempat praktikum harus seijin asisten (maksimal 1×10 menit).
  4. Ketidakhadiran karena sakit harus menyerahkan surat keterangan dokter disertai detail penyakitnya dan percobaannya dapat dilakukan di luar jadwal praktikum dengan persetujuan dari dosen pembimbing.
  5. Ketidakhadiran karena kegiatan akademik dan non-akademik, wajib menyerahkan bukti dokumen resmi dan percobaannya dapat dilakukan di luar jadwal praktikum dengan persetujuan dari dosen pembimbing.
  6. Ketidakhadiran karena urusan keluarga, wajib menyertakan surat keterangan yang sah dan Kartu Keluarga.
  7. Praktikan wajib melaksanakan seluruh modul praktikum.

 

B.            ASISTEN

  1. Asisten wajib mengikuti pelatihan asisten dan membaca serta mematuhi ketentuan tata tertib laboratorium dan praktikum.
  2. Asisten wajib memberikan tes awal tertulis di awal jam praktikum dan menilainya sesuai format kemudian diserahkan kepada PLP.
  3. Asisten yang tidak hadir, tugas dan kewajibannya dapat digantikan oleh PLP dan atau asisten yang lainnya.
  • Ketidakhadiran karena sakit harus menyerahkan surat keterangan dokter disertai detail penyakitnya.
  • Ketidakhadiran karena kegiatan akademik dan non-akademik, wajib menyerahkan bukti dokumen resmi.
  • Ketidakhadiran karena urusan keluarga, wajib menyerahkan surat keterangan yang sah dan Kartu Keluarga.

Ketidakhadiran lebih dari 20% tidak mendapatkan sertifikat asisten.

  1. Selama pelaksanaan praktikum, asisten wajib memberikan pendampingan kepada praktikan selama praktikum berlangsung. Asisten dilarang meninggalkan laboratorium selama praktikum berlangsung tanpa alasan yang jelas.
  2. Setelah praktikum selesai.
    1. Asisten memberikan approval pada laporan sementara.
    2. Asisten memeriksa peralatan yang telah digunakan praktikan.
    3. Asisten mengumpulkan laporan akhir dari praktikum minggu sebelumnya untuk memberikan nilai.
  3. Asisten wajib mengisi nilai praktikum pada format yang ditentukan dan diserahkan paling lambat 2 minggu setelah praktikum yang bersangkutan berlangsung kepada PLP. Apabila melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka penilaian akan diberi nilai 70.

 

  1. DISTRIBUSI NILAI

No

Komponen Penilaian (per modul)

Prosentase (%)

1

Tes Awal Tertulis

20

2

Praktikum

40

3

Laporan

40

TOTAL

100